IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERWAWASAN BUDAYA NIRKEKERASAN DI SEKOLAH
Keywords:
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, BUDAYA NIRKEKERASAN, SEKOLAH.Abstract
Konflik kekerasan yang mengatasnamakan agama sudah menjadi permasalahan serius. Hal ini disebabkan karena lemahnya pemahaman terhadap ajaran Islam itu sendiri, atau bisa dikarenakan pemahaman ayat-ayat al-Quran mengenai konsep jihad secara tektualis. PAI berbasis budaya nirkekerasan sebagai upaya untuk menumbuh kembangkan potensi peserta didik sesuai dengan ajaran Islam yang berbudaya nirkekerasan, maka dalam hal ini pendidik harus mampu menciptakan budaya nirkekerasan baik di rumah, di sekolah, maupun masyarakat sehingga outputnya adalah peserta didik yang mampu menjadi Abdullah (saleh individu) maupun khalifatullah (saleh sosial). Adapun dalam tataran implementasi PAI berbudaya nirkekerasan di sekolah dapat diimplementasikan dalam bentuk integrasi dengan kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler PAI, pembentukan budaya sekolah berdasar pada nilai-nilai nirkekerasan, adanya kebijakan kepala sekolah dan integrasi dengan setiap mata pelajaran yang ada di sekolah.Downloads
References
Adlin, Alfatri. 2006. Spiritualitas dan Realita Kebudayaan Kontemporer. Yogyakarta: Jalasutra
Al-Attas, Mohammed Naquib. 1999. The Concept of Education in Islam; A Framework for an Islamic Philosophy of Education. Kuala Lumpur: ISTAC
Ali, Mohammad Daud. 2006. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo
Persada
Ali, Zainuddin. 2007. Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara
Amstrong, Thomas . 2005. “Seven Kinds of Smart: Menemukan dan
Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori Multiple
Intelligence,†dalam Seven Kinds of Smart: Identifying and Developing
Your Multiple Intelligences ed. T. Hermaya. Jakarta: Gramedia
Anand, Chaiwat Satha. 2015. Barangsiapa Memelihara Kehidupan…â€: Esai-esai
tentang Nirkekerasan dan Kewajiban Islam, pidato dalam rangka NMML
[Nurkholis Madjid Memorial Lecture] di Universitas Paramadina, Jakarta, selasa 16 Oktober 2015
Baharuddin. 2005. Aktualisasi Psikologi Islami, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Baidhawy, Zakiyuddin. 2002. Ambivalensi Agama dan Konflik dan
Nirkekerasan, Yogyakarta: Lesfi
Chipordian, Yudith. Budaya Nirkekerasan, Niscayakah https://yudhitc.wordpress.com/2008/10/24/budaya-nir-kekerasan-
Chipordian, Yudith. Memotong Lingkaran Kekerasan,https://yudhitc.wordpress.com/2008/10/24/memotong-lingkaran-kekerasan/, diakses 1 November 2017
CNN Indonesia, Puluhan Jenazah Warga RohingnyaDitemukan di Bangladesh,
Kamis, 31/08/2017
Daud, Wan Mohd Nor Wan .1998. The Educational Philosophy and Practice of
Syed Muhammad Naquib Al-Attas: AnExposition of the Original Concept
of Islamization. Kuala Lumpur: ISTAC1
Daulay, Haidar Putra. 2009. Pemberdayaan Pendidikan Islam di Indonesia.
Jakarta: Rineka Cipta
Fromm, Erich . 2001. “Akar Kekerasan: Analisis Sosio-psikologis atas Watak
Manusia,†dalam The Anatomy of Human Destructiveness, terj. Imam
Muttaqin. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hanafi, Hasan. 2001. Agama, Kekerasan, dan Islam Kontemporer. Yogyakarta:
Jendela
International Crisis Group,â€Indonesia: From Vigintalism to Terrorism in
Cirebon,†Asia Briefing No. 132, 12 January 2012
Jalaluddin. 2003. Teologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Jalaluddin. 2004. Psikologi Agama. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Jones, Sidney. 2013 Sisi Gelap Reformasi Indonesia: Munculnya Kelompok
Masyarakat Madani Intoleran, (disampaikan sebagai NMML [Nurcholish
Madjid Memorial Lecture ke VII], 2013), Jakarta: PUSAD
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online,https://kbbi.web.id/interdisipliner, diakses 20 Desember 2017
Kholiq, Abdul, dkk. 1999. Pemikiran Pendidikan Islam, kajian Tokoh Klasik dan
Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Lewin, Kurt. 1951. Field Theory in Social Science; Selected Theoretical Papers. D.
Cartwright (ed.). (New York: Harper & Row
Madjid, Nurkholis. 1999. Cendekiawan dan Religiusitas Masyarakat, Kolom-
kolom di Tabloid TEKAD. Jakarta: TEKAD
Madjid, Nurkholis. 2003. Islam Agama Kemanusiaan: Membangun Tradisi dan
Visi Baru Islam Indonesia. Jakarta: Paramadina
Madjid, Nurkholis. 2008. Islam Agama Peradaban, Membangun Makna dan
Relevansi Doktrin Islam dalam Sejarah, cet. ke-3. Jakarta: Paramadinadan Dian Rakyat MinorityIdeas, Konsep Nir-Kekerasan,
http://blogcreativeminority.blogspot.co.id/2010/03/konsep-nir-
kekerasan.html, diakses 1 November 2017
Mubarak, Husni Tragedi Rohingnya dan Diskursus Kekerasan Agama, Jurnal
Kelas CRCS, 4 September 2017 (Yogyakarta: Pusat Studi Agama dan
Lintas Budaya Sekolah Pascasarjana UGM),http://crcs.ugm.ac.id/id/berita-utama/11384/tragedi-rohingya-dan-
diskursus-kekerasan-agama.html, diakses 1 November 2017
Muhaimin. 2006. Nuansa Baru Pendidkan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Mukhtar. 2003. Desain Pembelajaran PAI. Jakarta: Misaka Galiza
Muzani, Saiful. Pandangan Dunia dan Gagasan Islamisasi Ilmu Syed Muhammad
Naquib Al-Attas, dalam Jurnal Hikmah, No. 3 Juli-Oktober 1991
Naim, Ngainun. 2014. Islam dan Pluralisme Agama: dinamika Perebutan
Makna, Yogyakarta: Aura Pustaka
Nata, Abuddin. 1997. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu
Nimer, Mohammed Abu “Nirkekerasan dan Bina-Damai dalam Islam: Teori dan
Praktek,†dalam Nonviolence and Peace Building in Islam: Theory and
Practice, terj. M. Irsyad Rhafsadi dan Khairil Azhar. EDISI DIGITAL,
http://www.abad-demokrasi.com/sites/default/files/
ebook/Nirkekerasan%20Abu-Nimer.pdf, didownload tanggal 20
November 2017
Pasiak, Taufik. 2006. Manajemen Kecerdasan Memberdayakan IQ, EQ dan SQ
untuk Kesuksesan Hidup. Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Purwanti, Asti. Psikologi dalam Pendekatan Biologi(https://astipurwanti07.wordpress.com/2014/01/15/psikologi-
berdasarkan-pendekatan-biologi/), diakses 20 Desember 2017
Pusat Studi Agama dan Demokrasi Yayasan Paramadina (PUSAD),
http://www.paramadina-pusad.or.id/pustaka/barangsiapa-
memelihara-kehidupan-esai-esai-tentang-nirkekerasan-dan-
kewajiban-islam, diakses 1 November 2017
Salam, Burhanuddin. 1997. Etika Sosial: Asas Moral dalam Kehidupan Manusia.
Jakarta: Rineka Cipta
Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Educational Perspektif, terj. Eva
Hamidah dan Rahmat Fajar, Cet. I. Bandung: Remaja Rosdakarya20. Solso, Robertl L. 2007. dkk, Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga
Sudikan, Setya Yuwana.-. Pendekatan Interdisipliner, Multidisipliner, dan
Transdisipliner dalam Studi Sastra. Surabaya: UNESA
Ulwan, Abdullah Nasih. 1992. Tarbiyah Al-Aulad Fi Al-Islam, terj. K.A Masykur
Hakim, Bandung: Remaja Rosdakarya
Wiggins, James A. dkk. 1994. Social Psychology, Fifth Edition. McGraw-Hill, Inc
dalam https://rizkian.wordpress.com/2011/06/22/budaya-kekerasan-di-indonesia-dalam-perspektif-psikologi-sosial/), diakses 20
Desember 2017
Ya’kub, Ali Musthofa. 2010. Meluruskan Makna Jihad dalam Islam, dalam buku
“Peranan Pesantren dalam Mengembangkan Budaya Damaiâ€, ed.
Nuhrison M. Nuh. Jakarta: Maloho Jaya Abadi Press
Yafie, Ali. 1997. Teologi Sosial, Yogyakarta: LKPSM
Yakin, Haqqul. 2009. Agama dan Kekerasan dalam Transmisi Demokrasi di
Indonesia, Yogyakarta: Sukses Offset
Zainuddin, 2007. Kesalehan Normatif dan Sosial. Malang: UIN-Malang Press
Zohar, Danah dan Ian Marshall. 2007. “SQ: Kecerdasan Spiritual,â€. Bandung:
Mizan Pustaka
Zuhdiyah. 2009. Pendidikan Agama Islam. Palembang: Universitas PGRI
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.