RELEVANSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN IBN KHALDUN DI INDONESIA
Keywords:
Ibn Khaldun, Muqaddimah, Kurikulum Pendidikan GuruAbstract
Ibn Khaldun adalah seorang sarjana Muslim yang lahir di Tunisia, Afrika Utara, pada tahun 1332M. Kontribusi Ibn Khaldun terhadap pemahaman peradaban dan sosiologi begitu kaya dan penting sehingga masih relevan hingga saat ini. Tulisan ini berupaya mengeksplorasi karya Ibn Khaldun khususnya ide-idenya tentang pendidikan dalam kitab Muqaddimah dan kemudian menyelidiki sejauh mana relevansi kontemporernya, khususnya dalam kurikulum program pendidikan guru di Indonesia. Ibn Khaldun memberikan pembahasan panjang dan rinci tentang konsep pendidikan dan paedagogi dalam Bab Enam Muqaddimah. Klasifikasi ilmunya menjadi pedoman bagi berbagai ilmu yang ada saat itu. Dia juga memberikan pandangannya tentang masalah pengajaran dan pembelajaran. Bagian terakhir dari makalah ini melihat sifat kurikulum dalam program pendidikan guru saat ini dan mempertimbangkan pengembangan pendekatan yang lebih inklusif.Downloads
References
Alatas, S., F. (2007). The historical sociology of Muslim societies: Khaldunian applications. International Sociology, 22(3), 267-288.
Alatas, S., F. (2012). Makers of Islamic Civilization: Ibn Khaldun New Delhi: Oxford University Press.
Alatas, S., H. (2006). The autonomous, the universal and the future of sociology. Current Sociology, 54(1), 112-132.
Brady, L., & Kennedy, K. (2014). Curriculum Construction (5th ed.). Frenchs Forest: Pearson.
Buku Induk Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa 2010-2025. Pemerintah Republik Indonesia. 2010. Jakarta
Ibn Khaldun. (1958a). The ‘Muqaddimah’: An Introduction to History, terjemah dari bahasa Arab oleh Rosenthal, F (Vol. I). London: Routledge & Kegan Paul.
Ibn Khaldun. (1958b). The ‘Muqaddimah’: An Introduction to History, terjemah dari bahasa Arab oleh Rosenthal, F (Vol. VI). London: Routledge & Kegan Paul.
Irwin, R. (1996). Munculnya Sistem Dunia Islam 1000-1500M. Dalam F. Robinson (Ed.), Cambridge Illustrated History of the Islamic World (hlm. 32-61). Cambridge: Cambridge University Press.
Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2011
Robinson, F. (1996). Knowledge its transforming the making of Muslim societies In F. Robinson (Ed.), The Cambridge illustrated history of the Islamic world. Cambridge, England Cambridge University Press.
Samarah, Y., A. (2011). Ibn Khaldun dan beberapa pandangan klasik dalam linguistik abad ke-20. Teori dan praktek dalam studi bahasa, 1 (11), 1521-1530.
Tjandrasasmita, U. (2006). Kajian naskah-naskah sejarah klasik dan penerapannya bagi kajian Islam di Indonesia. Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan.
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.