HOME LEARNING SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR ERA PANDEMI
Keywords:
Home Learning, Pandemic, Strategi PembelajaranAbstract
Pendidikan bagian dari kehidupan masyarakat yang sangat penting, tanpa pendidikan masyarakat sulit untuk menempuh kehidupan yang lebih maju dan lebih baik. Dilematisasi dialami oleh dunia pendidikan sangat menyulitkan, sudah satu tahun ini seluruh dunia mengalami bencana virus yang menyebabkan orang harus membatasi beberapa aktifitas tertentu, tidak terkecuali aktifitas dalam pendidikan. Di sini saya akan membicarakan dampak pandemic terhadap pendidikan, fokus pada pendidikan sekolah dasar di malang raya. Dampak dari pandemic, pendidikan di sekolah dasar mengalami hambatan yang luar biasa sehingga aktifitas yang biasa dilaksanakan terhambat dan dilaksanakan secara tidak normal. Solusi pembelajaran dengan sistem home learning menjadi sebuah pilihan demi berjalanya sistem pembelajaran secara menerus. Dengan berbagai strategi dan metode telah diterapkan sebagai langkah strategis, guna mensiasati jarak dan waktu antara guru dan murid dalam melaksanakan pembelajaran.Downloads
References
Dewi Salma Prawiradilaga, Mozaik Teknologi Pendidikan E-Learning, Jakarta: Kencana, 2013, ISBN. 978-692-7985-13-1
Taufiq Nur Azis, Strategi Pembelajaran Era Digital, Annual Conference On Islamic Education And Social Sains (Aciedss 2019)
Natalia Ridwan, Ning Nathan, dan Yulianti Hendra, Home Learning: Belajar Seru Tanpa Batas. (Gramedia Pustaka Utama 2018).
Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002
Korucu, A. T., & Alkan, A. (2011). Differences between m-learning (mobile learning) and elearning, basic terminology and usage of m-learning in education. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.029
Enriquez, M. A. S. (2014). Students ’ Perceptions on the Effectiveness of the Use of Edmodo as a Supplementary Tool for Learning. DLSU Research Congress. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Firman, Sari Rahayu Rahman, Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Indonesian Journal of Educational Science (IJES), Volume 02, No 02 Maret 2020
Natalia Ridwan, Home Learning, Belajar Seru Tanpa Batas, https://www.haibunda.com/parenting/20180315142919-61-16292/mengenal-home-learning-salah-satu-metode-mendidik-anak
Review: Home Learning: Belajar Seru Tanpa Batas (2018) https://wennykinanthi.wordpress.com/2018/11/25/review-home-learning-belajar-seru-tanpa-batas-2018/
Tuffour, Isaac. 2017. A Critical Overview of Interpretative Phenomenological Analysis: A Contemporary Qualitative Research Approach. Journal of Healthcare Communications. Vol. 2 No. 4, Juli 2017. DOI: 10.4172/2472-1654.100093
Wawancara dengan Faiqotul Ahmaliya Guru MI pada 15 Februari 2021 Jam 12.30 Wib
Wawancara dengan Alif Ristiawati (Guru) pada 15 Februari 2021 jam 08.00 Wib
Wawancara dengan Fika Nurlidia (Guru) pada tanggal 16 Februari 2021 jam 08.30 Wib.
Wawancara dengan Fika Nurlidia (Guru) pada tanggal 16 Februari 2021 jam 08.30 Wib.
Wawancara Firda Ayni (Guru MI) pada 17 Februari 2021 jam 10.00 Wib
Wawancara Mudiati Istiyani (Guru MI) pada 18 Februari 2021 jam 12.10 Wib
Disarikan dari hasil Wawancara Mudiati Istiyani (Guru MI) pada 18 Februari 2021 jam 12.10 Wib
Disarikan dari Wawancara Nafiatul Mukhoiyaroh (Guru MI) pada 17 Februari 2021 jam 10.15 Wib
Disarikan dari Wawancara Nafilatul Maulida (Guru MI) pada 15 Februari 2021 jam 11.15 Wib
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.