PENDIDIKAN PESANTREN (Sarana Efektif Internalisasi Nilai Syari’ah)
Keywords:
internalisasi, nilai syari’ah, pendidikan Islam, pesantrenAbstract
Terdapat dua peran penting agama di lingkungan pesantren yang sangat signifikan untuk dikembangkan, yakni: Peran directive system dan divensive system. Yang pertama, agama ditempatkan sebagai referensi utama proses perubahan, yang kedua agama ditempatkan sebagai supreme morality yang memberikan landasan dan kekuatan etik-spiritual bagi masyarakat pesantren ketika mereka berdialektika menuju proses perubahan. Dengan dua peran diatas, agama tidak bisa lagi dipandang sebagai penghambat perubahan seperti dalam filsafat materialisme, bahwa agama adalah candu masyarakat (religion is opium), tetapi sebaliknya agama justru menjadi daya dorong yang luar biasa bagi terciptanya perubahan masa depan pesanten beserta umatnya menuju masyarakat yang konstruktif dan humanistik. Kemampuan merespon problem kehidupan sehari hari. Karenanya aktualisasi nilai-nilai agama diharapkan mampu menembus tradisi perilaku keseharian (amaliyah diniyah, afectif religousness), tidak sekedar terpaku pada memahami serta mengerti pelajaran agama semata (tafhim al-aqliyah al-ilmiyah kognitif akademik).Downloads
References
Abdurrahman Al-Nahlawi, Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam, dalam Keluarga, di Sekolah dan di Masyarakat, terj. Herry Noer Ali, Bandung: Diponegoro, 1996.
‘Abddurrahman Shahih Abdullah, Landasan dan Tujuan Pendidikan Menurut Al-Quran serta Implementasinya, terj. Mutammam, cet. Ke-1, Bandung: Diponegoro, 1991.
Abi ‘Abdillah Muhammad Ibn Mazid Al-Qaswini, Sunan Ibn Majah, Beirut: Dar Al-Fikr, 1995.
Al-Bagai, Nidham al-Duran fi Tanasuf al-Ayat wa al Suwar, jil, Beirut ; Dar al- Kitab al-Ilmiah,1995.
Al-Mawardi, al-Naktu wa al- Uyun Tafsir al-Mawardi, jil, Beirut : Dar al-Kutub al-Ilmiah. t.t.
Americana Coorparition, The Ecyclopedia Americana, USA : Ecyclopedia Americana Coorparation, 1994
Ahmad Tafsir, Pendidikan Agama dalam Keluarga, Bandung : Remaja Rosdakarya, 1996.
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, cet, ke-2 Bandung : Remaja Rosdakarya.
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.