REVITALISASI KEPEMIMPINAN KOLEKTIF-KOLEGIAL DALAM MEMBANGUN EFEKTIFITAS KOMUNIKASI ORGANISASI PESANTREN (STUDI INTERAKSIONISME SIMBOLIK DI PONDOK PESANTREN JOMBANG)
Keywords:
Kepemimpinan, Kolektif-Kolegial, Komunikasi OrganisasiAbstract
Dewasa ini kepemimpinan pesantren yang terjadi tidak lagi menerapkan kepemimpinan tunggal, dan organisasi pesantren pun telah dimasukkan dalam bentuk yayasan. Dengan gejala baru ini, maka organisasi pesantren menjurus kearah impersonal, tanpa mengurangi peranan kiai sebagai pemimpin tertinggi, maka kepemimpinan mengarah pada pola kolektif, sesuai dengan hierarkhi kepemimpinan sebuah organisasi yayasan. Dalam penelitian ini ada dua masalah yang ingin diteliti, yaitu: (1) perilaku kepemimpinan kolektif-kolegial; dan (2) Model komunikasi organisasi pesantren ditinjau dari teori interaksionisme simbolik; di PP Bahrul Ulum Tambakberas dan PP Mambaul Maarif Denanyar Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah fenomenologi dengan menggunakan rancangan interaksionisme simbolik. Data diperoleh dengan wawancara (interview), dokumen-dokumen (documents) dan observasi (observation). Analisis data menggunakan model Spradley yang mengambil salah satu dari analisis yaitu analisis domain. Ada dua hasil temuan yang diperoleh, yaitu, Pertama, perilaku kepemimpinan kolektif-kolegial di PPBU Tambakberas Jombang adalah: (1) partisipatif-demokratis, sedangkan di PPMA Denanyar Jombang adalah (2) partisipatif-konsultatif. Kedua, Ada dua model komunikasi organisasi yang diterapkan baik di PPBU Tambakberas Jombang maupun di PPMA Denanyar Jombang yaitu, Komunikasi yang bersifat “top-down†dan komunikasi yang bersifat “buttom-upâ€.Downloads
References
A’la, Abd. 2006. Pembaruan Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren
Dhofir, Syarqawi. 2004. Kekuasaan dan Otoritas Kiai dalam Pondok Pesantren. Surabaya: UNESA
Effendy, Onong Uchjana. 2011. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Likert, Rensis. 1967. The Human Organization: Its Management and Value. New York: McGraw-Hill
Lincoln, Yvonna S and Egon G. Guba. 1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills, California: Sage Publication
Muhammad, Arni. 2005. Komunikasi Organisasi. Bumi Aksara
Mulyana, Dedy. 2001. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya
Robbins, Stephen P. 2003. Organizational Behavior. Mexico: Pentice Hall
Sinn, Abu. 2006. Al-Idârah fî al-Islâm, (terj. Dimyauddin Juwaini). Jakarta: Radja Grafindo Persada
Soeprapto. 2001. Interaksionisme Simbolik (Perspektif Sosiologi Modern). Malang: Averroes Press
Stanley, Baran J., Jerilyn S. Mclntyre, Timothy P. Meyer. 1984. Self Symbols and Society: An Introduction To Mass Communication. London: Addison-Wesley Publishing Company, Inc
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Thoha, Miftah. 2014. Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers
Tubbs, Stewart L. dan Sylvia Moss. 2005. Human Communication: Konteks-konteks Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
U. Saefullah. 2012. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia
Ulfatin, Nurul. 2013. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang: Bayumedia Publishing
Wahid, Abdurrahman. “Kata Pengantar†dalam Horikoshi. Kiai dan Perubahan Sosial
Yin, Robert K. 1996. Case Study Research; Design and Methods, Trj: M. Djauzi Mudzakir. Studi Kasus; Desain dan Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.