UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA MELALUI PENGELOLAAN KELAS
Keywords:
Pengelolaan kelas, Kemampuan belajar.Abstract
Dalam kegiatan belajar mengajar terdapat dua hal yang turut menentukan berhasil tidaknya suatu proses belajar mengajar, yaitu pengelolaan kelas dan pengajaran itu sendiri. Kedua hal itu saling tergantung. Siswa dapat belajar dengan baik, dalam suasana yang wajar tanpa tekanan dan dalam kondisi yang merangsang untuk belajar. Untuk menciptakan suasana yang menumbuhkan gairah belajar, meningkatkan prestasi belajar siswa, dan lebih memungkinkan guru memberikan bimbingan terhadap siswa dalam belajar, diperlukan pengelolaan kelas yang memadai.Downloads
References
Azhar, Lalu Muhammad. 1993. Proses Belajar Mengajar Pola C.B.S.A. Surabaya: Usaha Nasional.
Davies, Ivor K (Ed.). 1986. Pengelolaan Belajar. Jakarta: Rajawali.
Djamarah, Syaiful Bahri. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
, 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Gordon, Thomas (Ed.). 1990. Guru Yang Efektif; Cara Untuk Mengatasi Kesulitan dalam Kelas. Jakarta: Rajawali Press.
Hadi, Sutrisno. 1990. Metodologi Research I. Yogyakarta: Andi Offset.
, 1993. Metodologi Research II. Yogyakarta: Andi Offset.
Masnur dkk. 1987. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Jemmars.
Moleong, Lexy J. 1990. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Muhaimin, dkk. 1996. Strategi Belajar Mengajar (Penerapannya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama). Surabaya: CV. Citra Media.
N, Sudirman. 1991. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
NK, Roestiyah. 1989. Masalah-masalah Ilmu Keguruan. Jakarta: Bina Aksara.
Nawawi, Hadari. 1989. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.
Nurhadi, Muljani A. 1983. Administrasi Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: IKIP.
Partanto, Pius A dan Dahlan Al Barry. 1994. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola.
Pidarta, Made. Tth. Pengelolaan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional.
Semiawan, Conny dkk. 1986. Pendekatan Ketrampilan Proses. Jakarta: Grasindo.
Suparno dkk. 1988. Dimensi-Dimensi Mengajar. Bandung: CV. Sinar Baru.
Usman, M Uzer. 1994. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Wijaya, Cece dan Tabrani Rusyan. 1994. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Published
How to Cite
Issue
Section
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.